BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Images for corn starch bags manufacturing process

2023-10-07

Proses Manufaktur untuk Pembuatan Kantong Pati Jagung

Kantong pati jagung adalah salah satu jenis kemasan yang semakin populer karena sifatnya yang ramah lingkungan dan dapat terurai secara alami. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan proses manufaktur untuk pembuatan kantong pati jagung, serta melibatkan gambar-gambar yang menunjukkan langkah-langkah yang terlibat dalam proses tersebut.

1. Bahan Baku Langkah pertama dalam proses manufaktur untuk pembuatan kantong pati jagung adalah mempersiapkan bahan baku. Bahan utama yang digunakan adalah pati jagung, yang biasanya berasal dari biji jagung yang telah diolah. Bahan ini memiliki sifat yang fleksibel dan dapat ditekuk, serta mudah terurai secara alami.

2. Ekstraksi Pati Jagung Setelah bahan baku yang sesuai dipilih, langkah berikutnya adalah ekstraksi pati jagung. Proses ini melibatkan memisahkan pati dari biji jagung. Pertama, biji jagung dikeringkan agar kadar airnya berkurang. Kemudian biji jagung dihancurkan menjadi bubur menggunakan mesin penggilingan khusus. Bubur ini kemudian ditambahkan air dan diaduk secara konstan untuk memisahkan pati dari bubur tersebut.

3. Pencucian Pati Pati yang telah terpisah kemudian dipindahkan ke tangki pencucian. Di sini, pati dicuci dengan air bersih untuk menghilangkan kotoran atau zat-zat asing lainnya. Proses pencucian ini penting untuk memastikan kualitas pati yang dihasilkan.

4. Pengeringan dan Peleburan Setelah proses pencucian selesai, pati yang telah bersih harus dikeringkan. Pati dicampur dengan bahan pengering seperti tepung jagung atau tepung gandum dengan proporsi yang tepat dan dipanaskan dalam oven khusus. Proses pengeringan ini akan menghapus kelembaban yang ada dalam pati.

Selanjutnya, pati kering ini akan dipanaskan lagi menggunakan mesin peleburan. Melalui pemanasan yang cermat, pati akan meleleh dan membentuk bentuk kantung yang diinginkan. Suhu dan tekanan yang tepat diperlukan dalam proses ini untuk memastikan kekuatan dan elastisitas kantong pati yang dihasilkan.

5. Pembentukan dan Pemotongan Setelah tahap peleburan, pati akan dituangkan ke dalam cetakan kantong pati. Cetakan ini akan memberikan bentuk dan ukuran yang diinginkan untuk kantong. Setelah dibiarkan beberapa saat untuk mendingin, kantong pati akan mengeras dan siap dipindahkan ke tahap pemotongan.

Dalam tahap ini, kantong pati yang telah mengeras akan dipotong dalam ukuran yang sesuai menggunakan mesin pemotongan otomatis. Ini adalah langkah yang penting untuk menghasilkan kantong pati yang rapi dan seragam.

6. Finishing Setelah pemotongan, kantong pati akan melalui tahap finishing. Dalam tahap ini, kantong akan diperiksa secara visual untuk menghilangkan cacat atau kekurangan apa pun. Jika ditemukan cacat, kantong tersebut akan dihapus dari produksi. Pada tahap ini, juga dilakukan penyisipan tali pengikat atau penutup pada kantong-kantong yang membutuhkannya.

7. Kemasan dan Distribusi Setelah proses produksi selesai, kantong pati siap dikemas dan didistribusikan. Proses kemasan biasanya melibatkan pengecekan ulang, penghitungan jumlah yang tepat, dan pengepakan dalam kotak atau palet untuk memastikan kantong tetap dalam kondisi terbaik selama pengangkutan dan penyimpanan.

Dalam industri yang semakin peduli terhadap lingkungan, kantong pati jagung telah menjadi alternatif yang populer bagi kantong plastik tradisional. Proses manufaktur untuk pembuatan kantong pati jagung melibatkan serangkaian langkah yang memastikan kualitas dan kekuatan kantong pati yang dihasilkan. Dengan menggunakan bahan baku alami dan proses yang ramah lingkungan, kantong pati jagung dapat membantu mengurangi dampak negatif yang dihasilkan oleh limbah plastik.