BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Is 100% recycled paper compostable?

2023-10-07

Apakah Kertas Daur Ulang 100% Bisa Terdekomposisi?

Pada saat ini, keberlanjutan dan ramah lingkungan menjadi perhatian utama di banyak industri, termasuk industri kertas. Banyak perusahaan kertas yang beralih ke bahan baku daur ulang untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan adalah apakah kertas daur ulang 100% terdekomposisi?

Dalam upaya untuk mengurangi penggunaan kayu dan menjaga ketahanan lingkungan, perusahaan-perusahaan kertas telah mulai menggunakan serat kertas daur ulang dalam produksi mereka. Paper Recycling Coalition melaporkan bahwa sekitar 66,8% seluruh kertas yang dikonsumsi di Amerika Serikat berasal dari bahan daur ulang. Tentu saja, ini adalah langkah positif dalam meningkatkan keberlanjutan dan mengurangi penggundulan hutan.

Kertas daur ulang 100% tidak sama dengan kertas biasa. Kertas biasa dibuat dari serat kayu baru yang dihasilkan dari pohon yang ditebang khusus untuk tujuan pembuatan kertas, sedangkan kertas daur ulang dibuat dari kertas bekas yang didaur ulang. Namun, ada beberapa perbedaan utama antara kertas daur ulang 100% dan kertas daur ulang yang mengandung serat kayu baru.

Salah satu perbedaan terbesar adalah bahwa kertas daur ulang 100% tidak mengandung serat kayu baru sama sekali. Ini berarti bahwa seluruh produk kertas tersebut dihasilkan dari serat kertas bekas yang telah melalui proses daur ulang. Kertas daur ulang yang mengandung serat kayu baru, di sisi lain, menggunakan campuran serat daur ulang dan serat kayu baru.

Namun, meskipun kertas daur ulang 100% dibuat sepenuhnya dari kertas bekas, itu tidak berarti bahwa kertas tersebut dapat terdekomposisi dengan sendirinya. Proses daur ulang itu sendiri melibatkan penggunaan bahan kimia dan energi yang banyak, yang secara langsung mempengaruhi karakteristik komposabilitas kertas ini.

Komposabilitas merujuk pada kemampuan bahan untuk terdekomposisi dengan cepat dan secara alami menjadi bahan organik yang digunakan sebagai pupuk tanaman. Dalam hal ini, kertas daur ulang 100% tidak sepenuhnya komposabel. Ini karena mengandung berbagai jenis bahan tambahan seperti tinta cetak, perekat, dan lapisan pelindung yang dapat memperlambat atau menghentikan proses dekomposisi.

Untuk memastikan bahwa kertas daur ulang 100% benar-benar terdekomposisi, diperlukan penghapusan semua bahan tambahan yang tidak bersifat organik. Beberapa perusahaan sudah berusaha menghilangkan tinta cetak yang dapat memperlambat dekomposisi dengan menggunakan tinta yang ramah lingkungan. Namun, ada beberapa komponen non-organik lain yang tidak bisa dihapus sepenuhnya.

Meskipun demikian, kertas daur ulang 100% masih lebih baik untuk lingkungan dibandingkan kertas biasa. Penggunaan kertas daur ulang membantu mengurangi penggundulan hutan, mengurangi laju emisi karbon, dan menghemat air dan energi yang digunakan dalam produksi kertas.

Ada juga alternatif untuk mengolah kertas daur ulang menjadi pupuk kompos, seperti proses daur ulang kertas menjadi bahan dasar pembuatan tinta, namun masih perlu penelitian lebih lanjut untuk memastikan kelayakan dan kinerjanya.

Dalam kesimpulannya, kertas daur ulang 100% mungkin tidak sepenuhnya dapat terdekomposisi, tetapi tetap merupakan alternatif yang lebih ramah lingkungan dibandingkan kertas biasa. Penggunaan kertas daur ulang membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan dan merupakan langkah menuju keberlanjutan. Bagi individu dan perusahaan yang ingin mengurangi jejak karbon mereka, memilih kertas daur ulang 100% adalah pilihan yang baik.