BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

National Oceanic and Atmospheric Administration (.gov)

2023-10-08

National Oceanic and Atmospheric Administration (.gov): Mengamati, Memprediksi, dan Melindungi Lingkungan dan Sumber Daya Alam

National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) adalah salah satu lembaga pemerintah Amerika Serikat yang bertugas mengamati, memprediksi, dan melindungi lingkungan dan sumber daya alam di Bumi. NOAA adalah bagian dari Departemen Perdagangan Amerika Serikat dan memiliki peran penting dalam memahami, melindungi, serta mengelola lautan, atmosfer, dan ekosistem darat yang kaya akan keanekaragaman hayati.

NOAA memiliki sejarah panjang yang dimulai pada tahun 1807, ketika Presiden Thomas Jefferson mendirikan "Survey of the Coast" untuk memetakan garis pantai Amerika Serikat. Sejak saat itu, lembaga ini mengalami berbagai perubahan dan penggabungan hingga akhirnya menjadi NOAA pada tahun 1970.

Salah satu misi utama NOAA adalah untuk memprediksi perubahan lingkungan alam, termasuk perubahan cuaca dan iklim. NOAA memiliki jaringan stasiun pengamatan cuaca dan iklim yang tersebar di seluruh Amerika Serikat dan wilayah perairan sekitarnya. Stasiun-stasiun ini mengumpulkan data langsung dari atmosfer, lautan, dan daratan untuk memahami kondisi saat ini dan memprediksi perubahan yang akan datang. Informasi ini sangat penting bagi masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta dalam pengambilan keputusan sehari-hari terkait budidaya tanaman, pergerakan kapal, kebijakan energi, serta persiapan menghadapi bencana alam.

Salah satu bidang penting yang ditangani oleh NOAA adalah meteorologi. Dalam hal ini, NOAA mengoperasikan National Weather Service, yang menyediakan peringatan dan perkiraan cuaca dalam skala nasional. Dengan bantuan radar cuaca dan satelit, NOAA mampu memonitor dan memprediksi cuaca ekstrem, seperti topan, badai salju, banjir, dan lainnya. Informasi ini memungkinkan masyarakat untuk lebih siap dan mengambil tindakan pencegahan dalam menghadapi potensi bencana alam tersebut.

NOAA juga bertanggung jawab dalam mempelajari lautan dan ekosistem daratan yang kaya akan keanekaragaman hayati. Lembaga ini mengoperasikan berbagai kapal penelitian laut dan stasiun pengamatan di seluruh dunia. NOAA berperan penting dalam pemantauan keberadaan dan kesehatan terumbu karang, satwa laut seperti paus dan lumba-lumba, serta berbagai jenis ikan dan hewan laut lainnya. Informasi ini sangat berharga dalam mengembangkan kebijakan penanggulangan perubahan iklim dan perlindungan terhadap spesies yang terancam punah.

Selain itu, NOAA juga bertugas menyediakan informasi tentang pemanasan global dan perubahan iklim. Dalam hal ini, lembaga ini mempublikasikan laporan yang berisi bukti ilmiah mengenai perubahan iklim yang terjadi, termasuk peningkatan suhu atmosfer dan lautan, naiknya permukaan laut, serta perubahan pola cuaca ekstrem. Dengan informasi ini, NOAA berperan penting dalam mendidik masyarakat tentang pentingnya mengambil tindakan untuk mengurangi dampak negatif perubahan iklim.

NOAA juga terlibat dalam pengelolaan sumber daya alam, terutama di sektor perikanan. Lembaga ini bekerja sama dengan Badan Pengelolaan Perikanan NOAA untuk melakukan penelitian tentang spesies ikan, mengawasi praktik perikanan yang berkelanjutan, serta mengembangkan kebijakan perlindungan terhadap habitat perikanan. Selain itu, NOAA juga melaksanakan program perlindungan dan pemulihan spesies laut yang terancam punah, seperti paus, terumbu karang, dan penyu laut.

NOAA memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan dan keharmonisan lingkungan Bumi. Dengan mengamati, memprediksi, dan melindungi lingkungan dan sumber daya alam, NOAA memberikan informasi yang sangat berharga bagi masyarakat, pemerintah, dan sektor swasta untuk mengambil tindakan yang sesuai dalam menjaga keberlanjutan planet ini.