BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Sustainability & Profitability - IBM? Sustainability Solutions

2023-10-10

Sustainability & Profitability - IBM

IBM adalah sebuah perusahaan teknologi global yang sudah beroperasi lebih dari 100 tahun. Seiring dengan perkembangan zaman, perusahaan ini mengalami perubahan serta beradaptasi dengan lingkungan bisnis yang terus berkembang. Salah satu aspek penting yang menjadi fokus dalam strategi bisnis IBM adalah keberlanjutan (sustainability) dan profitabilitas.

Keberlanjutan (sustainability) dianggap sebagai prinsip dasar dalam bisnis IBM. Perusahaan ini menyadari bahwa untuk menjadi pemimpin dalam industri teknologi yang kompetitif, mereka harus memiliki dampak yang positif terhadap masyarakat, lingkungan, dan ekonomi. IBM berkomitmen dalam menciptakan solusi dan teknologi yang berkontribusi dalam mencapai tujuan keberlanjutan global.

Salah satu solusi keberlanjutan utama yang ditawarkan oleh IBM adalah Solusi Hijau (Green Solutions). Solusi ini bertujuan untuk membantu organisasi dan bisnis dalam mengurangi dampak mereka terhadap lingkungan melalui efisiensi energi dan pengelolaan sumber daya yang lebih baik. IBM menyediakan berbagai solusi, seperti sistem manajemen energi cerdas (smart energy management system), analisis pembangkit energi terbarukan (renewable energy generation analytics), dan pengelolaan limbah elektronik (electronic waste management). Solusi ini membantu organisasi untuk mengoptimalkan penggunaan energi mereka, mengurangi emisi karbon, dan meminimalkan limbah elektronik.

Selain itu, IBM juga berkomitmen dalam mempromosikan praksis bisnis yang bertanggung jawab. Mereka menjunjung tinggi standar etika dan kepatuhan dalam semua aspek operasional perusahaan. IBM juga secara aktif berpartisipasi dalam inisiatif keberlanjutan global, seperti Global Compact dari Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Inisiatif Berasirmantap (Secure Food Initiative) yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan pangan di seluruh dunia. IBM juga berperan aktif dalam mempromosikan inklusi sosial dan keberagaman di tempat kerja.

Keberlanjutan dalam operasional internal juga menjadi fokus bagi IBM. Mereka berkomitmen untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan penggunaan energi melalui pengelolaan limbah dan efisiensi penggunaan sumber daya. IBM juga memprioritaskan penggunaan energi terbarukan, dengan menginvestasikan dalam pengembangan tenaga surya dan energi angin. Selain itu, IBM juga mendukung program-reboisasi (reforestation) dan mengurangi penggunaan kertas dengan mendorong penggunaan dokumen digital.

Namun, keberlanjutan adalah lebih dari sekedar memberikan dampak positif pada masyarakat dan lingkungan, tetapi juga harus memberikan nilai yang berkelanjutan dari perspektif bisnis. IBM berhasil mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam model bisnis mereka dengan cara yang menguntungkan. Mereka menyadari bahwa keberlanjutan dapat menciptakan peluang baru bagi inovasi, bahkan bisa menjadi sumber daya yang tak ternilai bagi peningkatan keunggulan kompetitif.

IBM menciptakan keuntungan melalui solusi keberlanjutan mereka dengan menerapkan pendekatan bisnis yang berkelanjutan dalam proses desain, pengembangan dan pengiriman produk serta layanan mereka. Solusi keberlanjutan IBM membantu pelanggan mereka meningkatkan efisiensi operasional mereka, mengurangi biaya energi, dan memenuhi peraturan lingkungan yang semakin ketat. Hal ini memberikan pelanggan alasan yang kuat untuk memilih IBM sebagai mitra mereka dalam menghadapi tantangan keberlanjutan.

IBM juga memanfaatkan teknologi dan inovasi untuk menciptakan solusi bisnis yang memberikan dampak positif. Salah satu contoh nyata adalah sistem analisis data pintar (smart data analytics) yang membantu perusahaan menganalisis tingkat konsumsi energi mereka dan memberikan rekomendasi untuk mengoptimalkan penggunaan energi. Solusi seperti ini membantu perusahaan mengurangi biaya, meningkatkan efisiensi, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas mereka.

Keberlanjutan dan profitabilitas adalah dua aspek yang penting bagi IBM. Perusahaan ini telah berhasil mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam model bisnis mereka dengan cara yang menguntungkan. Menerapkan pendekatan bisnis berkelanjutan dan menggunakan teknologi dan inovasi sebagai solusi, IBM berhasil membawa dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekaligus meningkatkan keunggulan kompetitif dan profitabilitas mereka.