BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

What are biodegradable plastic shopping bags?

2023-10-12

Plastik merupakan salah satu material yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam bentuk kantong belanja. Namun, penggunaan plastik konvensional menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, muncul inovasi baru bernama "biodegradable plastic shopping bags" atau kantong belanja plastik yang dapat terdegradasi secara alami.

Apa itu biodegradable plastic shopping bags? Biodegradable secara harfiah berarti kemampuan suatu bahan untuk diuraikan atau dipecah menjadi bahan yang lebih sederhana oleh mikroorganisme seperti bakteri, jamur, atau cacing tanah. Dalam hal ini, biodegradable plastic shopping bags adalah kantong belanja dari plastik yang terbuat dari bahan-bahan organik atau berbasis tumbuhan. Mereka dirancang untuk mengurangi dampak lingkungan negatif yang dihasilkan oleh penggunaan plastik konvensional.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat biodegradable plastic shopping bags meliputi pati jagung, pati kentang, pati gandum, dan polihidroksialkanoat (PHA). Bahan-bahan ini bersifat alami, terbuat dari tumbuhan, dan dapat terurai secara alami dalam lingkungan. Proses produksi plastik biodegradable juga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan plastik konvensional.

Keuntungan utama dari penggunaan biodegradable plastic shopping bags adalah kemampuan mereka untuk terurai dalam lingkungan dalam waktu yang relatif singkat. Proses degradasi kantong plastik biodegradable dapat terjadi dalam waktu kurang dari satu tahun, dibandingkan dengan waktu yang jauh lebih lama yang dibutuhkan oleh plastik konvensional. Hal ini berarti bahwa kantong plastik biodegradable tidak akan menyebabkan dampak jangka panjang pada ekosistem alami dan dapat menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, biodegradable plastic shopping bags juga dapat didaur ulang. Misalnya, kantong dari pati jagung dapat digunakan sebagai bahan bakar biomassa atau sebagai pupuk organik. Dengan cara ini, limbah plastik dapat digunakan kembali menjadi sumber daya yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku baru dan mengurangi jumlah limbah plastik yang berakhir di mekanisme pembuangan sampah.

Namun, ada beberapa pertanyaan dan kekhawatiran seputar penggunaan biodegradable plastic shopping bags. Salah satunya adalah keefektifan biodegradasi dalam kondisi nyata. Biodegradable plastic shopping bags mungkin membutuhkan kondisi khusus, seperti kelembaban dan suhu, untuk terurai dengan sempurna. Jika tidak ada kelembaban yang cukup dalam lingkungan di mana plastik ditinggalkan, mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai atau bahkan bisa tidak terurai sama sekali.

Selain itu, biodegradable plastic shopping bags membutuhkan perhatian dan tindakan yang tepat dari pengguna. Jika kantong plastik biodegradable dicampur dengan kantong plastik konvensional dalam proses daur ulang, hal ini dapat mengganggu proses pengolahan dan menghasilkan kualitas barang daur ulang yang rendah. Oleh karena itu, penting bagi pengguna untuk memahami perbedaan antara plastik konvensional dengan biodegradable plastic shopping bags dan mendaur ulangnya dengan benar.

Meskipun biodegradable plastic shopping bags memiliki kelebihan dibandingkan dengan plastik konvensional, solusi untuk masalah limbah plastik tidak hanya tergantung pada penggunaan biodegradable plastic shopping bags. Mengurangi konsumsi plastik secara keseluruhan dan mencari alternatif berkelanjutan seperti kantong kain atau penggunaan kantong plastik yang dapat digunakan kembali adalah solusi yang lebih komprehensif dan berkelanjutan.

Dalam kesimpulan, biodegradable plastic shopping bags adalah inovasi yang bertujuan untuk mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan. Dibuat dari bahan-bahan organik yang dapat terurai secara alami, kantong belanja tersebut dapat mengurangi waktu degradasi plastik dalam lingkungan. Namun, perhatian dan tindakan yang tepat dari pengguna tetap diperlukan untuk memastikan daur ulang yang efektif serta untuk mencari solusi yang lebih berkelanjutan dalam mengelola limbah plastik.