BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

What happens to dog poop in plastic bags?

2023-10-12

Apa yang Terjadi pada Kotoran Anjing dalam Plastik?

Anjing adalah hewan yang setia dan menyenangkan untuk dijadikan teman sehari-hari. Namun, sebagai pemilik anjing, kita juga harus bertanggung jawab atas kebersihan lingkungan sekitar kita. Salah satu tanggung jawab itu adalah membuang kotoran anjing dengan benar. Banyak pemilik anjing yang menggunakan plastik untuk mengemas kotoran anjing, tetapi apa yang sebenarnya terjadi pada kotoran anjing dalam plastik tersebut?

Banyak orang beranggapan bahwa dengan memasukkan kotoran anjing ke dalam plastik, masalah kebersihan sudah selesai. Namun, apakah kotoran anjing benar-benar aman untuk ditinggalkan dalam plastik? Sebenarnya, tidak ada cara yang sepenuhnya aman untuk membuang kotoran anjing, terutama ketika menggunakan plastik.

Mari kita lihat apa yang sebenarnya terjadi pada kotoran anjing dalam plastik. Ketika kotoran anjing diletakkan ke dalam plastik, ia akan mulai mengalami proses dekomposisi. Namun, karena plastik tidak memungkinkan udara dan cahaya masuk, dekomposisi menjadi lebih sulit. Akibatnya, kotoran anjing dalam plastik kemungkinan besar akan tetap ada selama bertahun-tahun.

Selain itu, saat kotoran anjing dibiarkan dalam plastik terlalu lama, itu dapat menghasilkan bau yang tidak sedap. Kotoran anjing mengandung banyak bakteri dan zat kimia yang dapat menyebabkan bau yang kuat dan tidak nyaman. Selama kotoran anjing terperangkap dalam plastik, bau tersebut kemungkinan akan semakin terkonsentrasi.

Masalah lain dengan membuang kotoran anjing dalam plastik adalah dampaknya terhadap lingkungan. Plastik adalah materi yang sulit terurai dan jika tidak didaur ulang dengan benar, akan menyumbang pada masalah polusi lingkungan. Jumlah kotoran anjing yang dibuang setiap hari sangat besar dan jika semuanya dibungkus dalam plastik yang tidak terurai, banyak plastik yang akan mengotori lingkungan.

Namun, ada juga beberapa alasan mengapa banyak orang tetap menggunakan plastik untuk membuang kotoran anjing. Salah satunya adalah kenyamanan. Menggunakan plastik memudahkan kita untuk mengambil, mengemas, dan membuang kotoran anjing dengan cepat. Selain itu, plastik juga dapat membantu mencegah penyebaran penyakit dari kotoran yang terinfeksi.

Namun, apakah ada alternatif yang lebih baik daripada menggunakan plastik? Jawabannya adalah, ya. Salah satu alternatif yang ramah lingkungan adalah menggunakan kantong kertas sebagai pengganti plastik. Kantong kertas terbuat dari bahan organik yang mudah terurai, jadi mereka tidak akan menimbulkan masalah dalam proses dekomposisi kotoran anjing.

Selain itu, kantong kertas memiliki keunggulan lain yang tidak dimiliki oleh plastik. Mereka bisa menyerap kelembaban dan menjaga kotoran anjing tetap kering, mengurangi bau. Kantong kertas juga berfungsi sebagai bahan penyerap yang baik, sehingga mereka dapat menyerap cairan yang mungkin bocor dari kotoran anjing.

Namun, ada tantangan dalam menggunakan kantong kertas sebagai pengganti plastik. Pertama, kantong kertas lebih mudah bocor. Ini berarti kita perlu memerhatikan secara teliti dan memastikan agar tidak ada kebocoran saat membuang kotoran anjing. Selain itu, kantong kertas biasanya lebih mahal daripada plastik, jadi itu bisa menjadi faktor penghambat bagi beberapa orang.

Di luar itu semua, ada solusi yang bahkan lebih baik - pengomposan kotoran anjing. Proses ini melibatkan memasukkan kotoran anjing ke dalam komposter, di mana mereka akan diurai oleh mikroorganisme dan berubah menjadi pupuk yang berguna untuk tanaman. Namun, penting untuk diingat bahwa kotoran anjing yang dikompos harus diurus dengan hati-hati, karena beberapa penyakit dan parasit masih dapat bertahan dalam kompos tersebut.

Untuk kesimpulan, membuang kotoran anjing dalam plastik bukanlah solusi yang ideal. Plastik tidak meluruh dengan cepat dan dapat menyebabkan polusi lingkungan. Sebagai pemilik anjing yang bertanggung jawab, kita harus mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan seperti kantong kertas atau mengompos kotoran anjing. Dengan memilih cara yang tepat untuk membuang kotoran anjing, kita dapat menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.