BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

What is good for home compost?

2023-10-12

Apa yang Baik untuk Kompos Rumah?

Kompos adalah cara yang ramah lingkungan untuk mengurangi limbah dan memperkaya tanah. Jika Anda memiliki kebun atau taman, membuat sendiri kompos rumah bisa menjadi solusi yang sempurna untuk memanfaatkan sisa-sisa makanan dan bahan organik lainnya. Namun, tidak semua bahan bisa digunakan untuk kompos rumah. Pemilihan bahan yang benar sangat penting untuk menjaga kualitas dan keberlanjutan kompos.

Jadi, apa yang baik untuk kompos rumah? Berikut adalah beberapa bahan yang ideal untuk dimasukkan dalam kompos Anda:

1. Sisa-sisa makanan: Sisa-sisa makanan seperti sayuran, buah, kopi yang tidak digunakan, kertas atau teh encer adalah bahan yang ideal untuk kompos rumah. Namun, hindari membuang daging, produk susu, dan makanan berlemak ke dalam kompos, karena dapat menarik hama dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

2. Daun: Daun yang jatuh dari pohon adalah bahan yang sempurna untuk kompos. Banyak orang yang mengumpulkan daun selama musim gugur dan menggunakan mereka sebagai lapisan di antara lapisan lain dalam kompos mereka. Saat daun membusuk, mereka akan memberikan nutrisi penting untuk tanah Anda.

3. Rumput dan rerumputan: Rumput adalah bahan yang kaya akan nitrogen dan sangat cocok untuk kompos rumah. Tapi pastikan rumput yang Anda gunakan tidak mengandung rumput liar atau bebas dari pestisida. Jika lokasi yang Anda tinggali tidak membolehkan Anda untuk mengumpulkan rumput, potonglah rumput Anda dan masukkan potongan rumput ke dalam kompos.

4. Sisik atau serpihan kayu: Sisik atau serpihan kayu dapat menjadi tambahan yang baik untuk kompos rumah Anda. Mereka adalah bahan yang kaya akan karbon dan membantu dalam proses pengomposan dengan menciptakan ruang udara yang dibutuhkan oleh organisme pengurai.

5. Serasah dan ranting kering: Sera-sah dan ranting kering adalah bahan lain yang cocok untuk kompos. Mereka juga memberikan tekstur dan ruang udara yang baik dalam kompos Anda.

6. Ampas teh dan sisa kertas: Jika Anda adalah penikmat teh, ampas teh bisa menjadi tambahan yang bagus untuk kompos. Ampas teh kaya akan nutrisi dan meningkatkan kualitas kompos. Selain itu, sisa kertas seperti koran atau kertas non-berwarna juga dapat digunakan.

7. Bahan organik lainnya: Beberapa bahan organik lain yang baik untuk kompos antara lain kulit telur, serbuk gergaji, potongan kuku dan rambut. Jangan takut untuk mencoba bahan organik yang berbeda dan melihat apa yang terbaik untuk kebutuhan kompos Anda.

Namun, ada juga beberapa bahan yang sebaiknya dihindari saat membuat kompos rumah. Bahan-bahan ini termasuk:

1. Produk susu dan daging: Produk susu dan daging bisa membusuk dan menarik hama. Selain itu, mereka juga dapat menghasilkan bau yang tidak sedap dalam kompos Anda.

2. Produk berlemak dan minyak: Produk berlemak dan minyak perlu dihindari saat membuat kompos. Mereka dapat memperlambat proses pengomposan dan menghasilkan bau yang tidak sedap.

3. Biji-bijian yang tak dapat berkembang: Beberapa biji-bijian bisa mulai tumbuh dalam kompos dan dengan cepat mengambil nutrisi yang seharusnya diberikan pada tanaman.

4. Limbah manusia: Limbah manusia seperti tinja sebaiknya tidak digunakan dalam kompos rumah, karena dapat mengandung bakteri atau patogen yang berbahaya bagi kesehatan.

Dalam menciptakan kompos rumah yang berkualitas, penting untuk mencampurkan bahan basah dan kering. Rapikan lapisan bahan basah dan kering guna memastikan kelembaban yang tepat. Selain itu, jangan lupa untuk memutar dan mencampurkan kompos secara berkala untuk mempercepat proses pengomposan.

Dengan memilih bahan-bahan yang tepat dan memperlakukan kompos dengan baik, Anda akan dapat menciptakan kompos yang kaya akan nutrisi dan ramah lingkungan. Memanfaatkan sisa-sisa organik dan menciptakan kompos rumah juga merupakan solusi yang efektif dan murah untuk mengurangi limbah dan meningkatkan keberlanjutan lingkungan kita.