BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

What neutralizes the smell of dog poop?

2023-10-13

Apa yang Membasmi Bau Tinja Anjing?

Anjing adalah hewan peliharaan yang sangat lucu, setia, dan penuh cinta. Namun, sebagai pemilik anjing, kita juga harus menghadapi satu masalah yang seringkali sangat menjengkelkan, yakni bau tinja anjing. Bau tersebut bisa sangat mengganggu dan menggelitik indera penciuman kita. Oleh karena itu, sudah saatnya kita mencari tahu apa yang bisa membantu menetralkan bau tinja anjing.

Sebelum membahas solusinya, ada baiknya kita memahami mengapa tinja anjing memiliki bau yang kuat. Bau busuk dari tinja anjing disebabkan oleh gas sulfur hidrogen dan senyawa organik lainnya yang dilepaskan oleh bakteri dalam saluran pencernaan anjing. Bakteri ini penting untuk menguraikan makanan yang tidak tercerna oleh tubuh anjing. Namun, akibat proses penguraian ini, bau yang tidak sedap pun mengikuti.

Naftalena adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk menetralkan bau tinja anjing. Naftalena biasanya ada dalam bentuk bola yang bisa ditempatkan di sekitar area tempat anjing buang air besar. Naftalena bekerja dengan cara menguap dan mengeluarkan bau khas yang kuat. Bau khas tersebut ternyata mampu menguasai dan menghilangkan bau tinja anjing. Namun, penggunaan naftalena perlu dipantau dengan hati-hati karena bahan kimia ini dapat beracun bagi hewan, terutama jika tertelan dalam jumlah besar.

Sebagai alternatif, beberapa produk pembersih juga bisa membantu menghilangkan bau tinja anjing. Produk-produk ini mengandung bahan kimia yang dirancang secara khusus untuk menghancurkan sumber bau. Banyak produk pembersih yang mengandung enzim yang dapat memecah senyawa organik dalam tinja anjing. Enzim ini berfungsi untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan mengubahkan zat-zat yang menyebabkan bau menjadi komponen yang tidak berbahaya. Selain itu, produk pembersih juga bisa membantu membersihkan noda jika anjing buang air besar di tempat yang salah.

Bicarbonate soda, atau baking soda, juga merupakan bahan yang sering digunakan sebagai penetralkan bau tinja anjing. Baking soda merupakan alkaline yang mampu menetralkan keasaman tinja anjing, sehingga menghilangkan bau yang tidak sedap. Anda bisa mencampurkan baking soda dengan air dan menyemprotkannya pada area yang terkena tinja anjing. Setelah itu, bersihkan dengan cara biasa. Baking soda juga bisa ditaburkan langsung pada tempat tinja anjing dan dibiarkan semalam. Esok paginya, cukup bersihkan dengan sapu dan air.

Surat khabar bekas juga bisa digunakan untuk menetralkan bau tinja anjing. Ketika anjing buang air besar di dalam rumah, kemungkinannya adalah kertas koran atau surat khabar bekas ikut terkena. Kertas-kertas tersebut akan menyerap kelembapan dan bau tinja. Jadi, saat kita mengganti koran bekas tersebut dengan koran baru, bau tinja juga ikut terbuang. Namun, pastikan untuk membersihkan area yang terkena tinja sebelum menaruh koran baru.

Selain metode-metode di atas, terdapat beberapa cara alami yang dapat membantu menetralkan bau tinja anjing. Misalnya, menggunakan cuka putih. Campurkan cuka putih dengan air dalam perbandingan yang sama, kemudian semprotkan pada area yang terkena tinja anjing. Cuka putih berfungsi sebagai agen antibakteri dan dapat membunuh bakteri penyebab bau.

Essential oil juga bisa membantu menghilangkan bau tinja anjing. Teteskan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak lavender atau minyak peppermint dalam air kemudian semprotkan pada area yang terkena tinja. Essential oil ini memiliki sifat antibakteri dan juga memberikan aroma yang segar.

Sekarang kita sudah mengetahui beberapa solusi yang dapat membantu menetralkan bau tinja anjing. Penting untuk dicatat bahwa, selain mengatasi bau tinja anjing, yang terpenting adalah menjaga kebersihan anjing dan membersihkan kotorannya dengan teliti. Menghindari masalah bau tinja anjing juga bisa dilakukan dengan memberikan makanan berkualitas tinggi kepada anjing dan memastikan anjing kita mendapatkan cukup gizi. Dalam beberapa kasus, bau tinja yang kuat bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan pada anjing, jadi jika bau tinja tidak kunjung hilang atau semakin parah, sebaiknya periksakan anjing ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Secara keseluruhan, ada beberapa cara yang dapat membantu kita mengatasi dan menetralkan bau tinja anjing. Dengan menggunakan beberapa bahan kimia atau cara alami tersebut, kita dapat menjaga lingkungan kita tetap bersih dan segar. Bukan hanya untuk kenyamanan kita, tetapi juga untuk kesehatan dan kenyamanan anjing kita sendiri.