BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

compost in a ziploc bag

2023-10-14

Composting adalah proses alami menguraikan bahan organik menjadi pupuk yang kaya nutrisi. Biasanya, kompos dibuat dalam sebuah tumpukan besar atau kotak di luar rumah. Namun, ada juga metode yang lebih praktis dan portabel untuk melakukan kompos, yaitu menggunakan kantong plastik Ziploc. Artikel ini akan menjelaskan tentang kompos dalam kantong Ziploc dan bagaimana cara melakukannya.

Alasan Menggunakan Kantong Ziploc

Sebelum memulai pembahasan tentang kompos dalam kantong Ziploc, ada baiknya kita mengetahui mengapa metode ini menjadi populer. Pertama, menggunakan kantong Ziploc memudahkan dalam mengatur kompos dalam ruang yang terbatas. Jika Anda tinggal di kota atau apartemen dengan ruang terbatas, metode ini bisa menjadi alternatif yang baik.

Selain itu, kompos dalam kantong Ziploc juga memudahkan pengomposan dalam ruangan. Anda bisa menempatkan kantong-kantong ini di dalam dapur atau ruangan lainnya tanpa menyebabkan bau yang tidak sedap.

Langkah-langkah Membuat Kompos dalam Kantong Ziploc

1. Pilih jenis kantong Ziploc yang tepat. Pastikan Anda menggunakan kantong yang berukuran cukup besar untuk menampung bahan kompos yang Anda miliki. Kantong dengan ukuran 1 galon biasanya sudah cukup untuk kompos kecil, sedangkan kantong 2-3 galon lebih cocok untuk kompos yang lebih besar.

2. Siapkan bahan-bahan kompos. Dalam membuat kompos dalam kantong Ziploc, Anda membutuhkan bahan-bahan organik seperti sayuran dan buah-buahan yang sudah membusuk, daun kering, dan kertas yang bisa terurai. Hindari menggunakan bahan berminyak atau daging karena itu bisa menarik hewan atau menimbulkan bau yang tidak sedap.

3. Potong atau hancurkan bahan organik. Potong sayuran dan buah-buahan menjadi potongan kecil agar lebih mudah terurai oleh mikroorganisme. Daun kering dan kertas juga sebaiknya dihancurkan menjadi potongan kecil agar lebih cepat terdekomposisi.

4. Masukkan bahan kompos ke dalam kantong Ziploc. Mulailah dengan menambahkan lapisan bahan organik yang sudah dipotong ke dalam kantong. Pastikan Anda menyeimbangkan bahan basah, seperti sayuran dan buah-buahan, dengan bahan kering seperti daun dan kertas.

5. Tambahkan starter kompos atau pupuk nitrogen. Jika Anda ingin mempercepat proses pengomposan, Anda bisa menambahkan starter kompos atau pupuk nitrogen ke dalam kantong Ziploc. Ini akan membantu mikroorganisme yang ada di dalam kantong bekerja dengan lebih efisien.

6. Kocok kantong Ziploc. Setelah semua bahan kompos ditambahkan, rapatkan kantong dan kocok dengan lembut untuk meratakan bahan dan mencampurkannya dengan baik.

7. Buang udara dari kantong. Untuk memastikan proses pengkomposan berjalan dengan baik, buang udara dari dalam kantong Ziploc. Caranya adalah dengan menekan kantong dari ujung atas dengan hati-hati sehingga keluar udara.

8. Simpan kantong dalam tempat yang hangat dan gelap. Tempatkan kantong Ziploc dalam tempat yang hangat dan gelap seperti di dapur atau di bawah wastafel. Suhu ideal untuk pengomposan adalah antara 50-75 derajat Fahrenheit.

9. Kocok atau balik kantong secara berkala. Agar bahan kompos terurai dengan cepat, kocok atau balik kantong secara berkala setidaknya sekali seminggu. Ini membantu memastikan adanya sirkulasi udara yang cukup di dalam kantong.

10. Periksa kelembaban kompos. Pastikan kelembaban kompos di dalam kantong tetap terjaga. Jika kompos terlalu basah, tambahkan bahan kering seperti daun atau kertas. Jika terlalu kering, semprotkan sedikit air ke dalam kantong.

11. Tunggu hingga kompos terurai. Durasi pengomposan dalam kantong Ziploc tergantung pada suhu, kelembaban, dan jenis bahan kompos yang Anda gunakan. Biasanya, proses ini memakan waktu sekitar 3-6 bulan, tergantung pada kondisi di dalam kantong.

12. Gunakan kompos yang telah jadi. Setelah bahan kompos terurai sepenuhnya, Anda bisa menggunakannya sebagai pupuk untuk tanaman Anda. Kompos ini akan memberikan nutrisi yang berkualitas tinggi dan membantu tanaman tumbuh lebih sehat.

Kompos dalam kantong Ziploc adalah metode pengomposan yang efisien dan praktis. Meskipun tidak seefektif kompos tradisional, metode ini tetap menjadi pilihan yang baik untuk pengomposan dalam ruang terbatas. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di atas, Anda akan dapat membuat kompos yang berkualitas dalam kantong Ziploc. Selamat mencoba!