BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

degradable vs biodegradable

2023-10-15

degradable vs biodegradable: Mengenal Perbedaan dan Dampak Lingkungannya

Pada saat ini, semakin sadar akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, kita sering mendengar istilah degradable dan biodegradable. Meskipun terdengar serupa, keduanya memiliki arti dan dampak yang berbeda terhadap lingkungan. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan perbedaan antara degradable dan biodegradable dan bagaimana keduanya mempengaruhi bumi kita.

Degradable, seperti namanya, mengacu pada benda yang dapat terurai secara alami dari waktu ke waktu. Namun, ini tidak berarti bahwa benda degradable akan sepenuhnya menghilang ketika terurai. Sebagai contoh, plastik degradable jika dibiarkan dalam kondisi tertentu akan pecah menjadi fragmen yang lebih kecil tetapi tidak benar-benar terurai menjadi elemen yang tidak berbahaya. Alih-alih terurai menjadi substansi alami, plastik degradable tersebut akan menjadi ancaman potensial bagi lingkungan karena serpihan plastik yang lebih kecil masih dapat mencemari tanah dan air serta membahayakan kehidupan laut.

Di sisi lain, biodegradable mengacu pada benda yang dapat terurai oleh mikroorganisme alami, seperti bakteri dan jamur. Benda-benda biodegradable ini akan diuraikan menjadi bahan organik yang aman dan alami dalam waktu yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan benda degradable. Karena mereka terurai dan berubah menjadi bahan organik alami, produk biodegradable jauh lebih aman bagi lingkungan daripada benda degradable.

Salah satu contoh benda biodegradable yang umum adalah kertas. Ketika kertas terbuang, mikroorganisme alami akan memakan serat kertas dan mengubahnya menjadi bahan organik yang dapat menjadi nutrisi bagi tanaman. Proses biodegradasi ini terjadi secara alami dan dapat memakan waktu bervariasi tergantung pada kondisi lingkungan. Beberapa bahan biodegradable, seperti sisa-sisa makanan, dapat terurai dalam waktu kurang dari satu bulan, sedangkan benda-benda lainnya, seperti kertas dan kayu, membutuhkan waktu yang lebih lama.

Saat ini, perhatian terhadap benda-benda biodegradable semakin meningkat karena mereka memberikan alternatif yang lebih ramah lingkungan daripada benda degradable atau benda dengan sifat non-degradable. Benda-benda non-degradable, seperti plastik konvensional, dapat membutuhkan waktu ratusan tahun untuk terurai sepenuhnya atau bahkan tidak akan terurai sama sekali. Hal ini berarti bahwa benda-benda non-degradable ini akan tetap ada dalam lingkungan kita untuk waktu yang sangat lama dan dapat menyebabkan kerusakan ekologi yang serius.

Karena alasan ini, pemerintah dan kelompok masyarakat semakin mendorong penggunaan benda-benda biodegradable. Beberapa produsen juga telah berusaha untuk menciptakan bahan-bahan baru yang ramah lingkungan, seperti bioplastik, yang secara alami terurai dalam waktu yang relatif singkat. Ketika benda biodegradable terurai, mereka merilis karbon dioksida dan air sebagai hasilnya, tidak seperti benda non-degradable yang akan tetap ada dalam bentuk yang sama.

Namun, penting juga untuk dipahami bahwa tidak semua benda yang diklaim sebagai "biodegradable" adalah benar-benar biodegradable. Beberapa produk yang dipasarkan sebagai biodegradable hanya terurai dalam kondisi yang sangat khusus, seperti suhu dan kelembaban yang tinggi yang jarang terjadi di lingkungan alami. Karena itu, perlu untuk lebih berhati-hati dalam memilih produk biodegradable yang kita beli dan gunakan.

Dalam kesimpulan, perbedaan antara degradable dan biodegradable sangat penting dalam memahami dampak lingkungan yang ditimbulkannya. Benda degradable, seperti plastik degradable, tidak sepenuhnya terurai menjadi substansi alami dan masih dapat mencemari lingkungan. Di sisi lain, benda biodegradable dapat terurai oleh mikroorganisme alami menjadi bahan organik yang aman. Oleh karena itu, kita perlu berperan aktif dalam memilih dan menggunakan produk biodegradable guna menjaga kelestarian lingkungan yang lebih baik serta mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan oleh penggunaan bahan-bahan non-degradable.