BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

plastic bag manufacturing process ppt

2023-10-16

plastic bag manufacturing process ppt

Penggunaan kantong plastik telah menjadi kontroversi dalam beberapa tahun terakhir karena dampaknya terhadap lingkungan. Bagi sebagian orang, kantong plastik hanyalah salah satu produk konsumen yang dibuang setelah digunakan. Namun, bagaimana sebenarnya proses pembuatan kantong plastik ini? Bagaimana tahapan dalam pembuatan kantong plastik? Artikel ini akan menjelaskan secara detail tentang proses manufaktur kantong plastik serta dampaknya bagi lingkungan.

Proses pembuatan kantong plastik dimulai dengan bahan baku, yakni polietilen. Polietilen memiliki sifat plastis dan elastis, sehingga sangat cocok digunakan dalam pembuatan kantong plastik. Pertama-tama, polietilen diproses menjadi butiran-butiran kecil melalui proses ekstrusi. Butiran ini disebut dengan granul plastik.

Seterusnya, granul plastik dimasukkan ke dalam mesin pembuat kantong plastik. Mesin ini dikenal dengan nama mesin cetak film plastik. Proses ini dimulai dengan memasukkan granul plastik ke dalam hopper, yang kemudian ditransfer ke dalam zona ekstruder dengan sistem pengumpan. Di dalam zona ekstruder, granul plastik dipanaskan dan dicampur agar menjadi plastik yang leleh.

Setelah mencapai suhu yang ideal dan kelembapan yang tepat, plastik leleh ini akan ditekan ke dalam bidang cetakan melalui roller ekstrusi dan screw ekstruder. Roller ini akan membentuk lembaran film plastik yang panjang. Ketebalan lembaran film ini dapat diatur sesuai dengan jenis dan kebutuhan kantong plastik yang akan dibuat.

Setelah lembaran film plastik selesai dibentuk oleh mesin cetak film plastik, tahap berikutnya adalah proses bag-making. Pada tahap ini, lembaran film plastik akan diubah menjadi kantong plastik. Proses ini dilakukan dalam mesin yang disebut mesin pembuat kantong plastik.

Di dalam mesin pembuat kantong plastik, lembaran film plastik melewati serangkaian roller dan pemotong. Serangkaian roller bertujuan untuk mengatur kecepatan film yang keluar dari mesin dan mengendalikan ketegangan film. Pemotong yang berputar akan memotong lembaran film plastik menjadi bentuk yang sesuai dengan pembuatan kantong plastik, seperti kantong tangan atau kantong belanja.

Tahapan terakhir dalam proses manufaktur kantong plastik adalah pemeriksaan dan kualitas. Pada tahap ini, kantong plastik yang telah selesai dibuat melewati serangkaian pemeriksaan visual untuk memastikan bahwa tidak ada cacat dan kekurangan pada kantong plastik. Hal ini penting untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan.

Namun, kita juga perlu menyadari bahwa proses manufaktur kantong plastik ini memiliki dampak yang signifikan pada lingkungan. Kantong plastik yang tidak terkelola dengan baik dapat menjadi sampah dan mencemari lingkungan. Plastik yang tidak dapat terurai dengan cepat dan mudah akan terus berakhir di lautan dan berdampak buruk bagi kehidupan laut.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencari solusi alternatif yang lebih ramah lingkungan untuk menggantikan penggunaan kantong plastik. Banyak negara dan daerah telah melarang atau membatasi penggunaan kantong plastik sekali pakai. Penggunaan kantong kain atau kantong berbahan daur ulang dapat menjadi alternatif yang lebih baik dan berkelanjutan.

Dalam kesimpulan, proses manufaktur kantong plastik melibatkan beberapa tahapan, mulai dari pemrosesan polietilen hingga pembuatan dan pemeriksaan kantong plastik. Namun, kita harus menyadari bahwa penggunaan kantong plastik berdampak besar terhadap lingkungan. Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk beralih ke alternatif yang lebih ramah lingkungan agar dapat menjaga keberlanjutan planet ini.