BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

what are biodegradable plastic bags made of

2023-10-17

Plastik biodegradable, atau yang juga dikenal dengan nama plastik ramah lingkungan, adalah jenis plastik yang terurai dengan sendirinya secara alami dalam waktu tertentu. Plastik tradisional membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai, menyebabkan dampak negatif terhadap lingkungan. Oleh karena itu, penggunaan plastik biodegradable menjadi solusi yang baik dalam mengurangi dampak negatif plastik pada alam.

Namun, apa sebenarnya yang membuat plastik biodegradable ini berbeda dengan plastik konvensional? Apa yang membuat mereka terurai lebih cepat dan ramah lingkungan? Artikel ini akan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan menjelaskan tentang apa yang terbuat dari plastik biodegradable.

Plastik biodegradable dapat terbuat dari berbagai material, termasuk bahan alam dan bahan sintetis. Bahan alam yang sering digunakan termasuk pati, seperti pati jagung atau pati kentang. Penggunaan pati dalam pembuatan plastik biodegradable ini memungkinkan mereka dapat terurai secara alami, karena pati adalah komponen organik yang bisa diuraikan oleh mikroorganisme.

Selain pati, serat alami seperti serat bambu atau serat jerami juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan plastik biodegradable. Serat alami ini memberikan sifat kuat pada plastik sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti tas belanja, bungkus makanan, dan masih banyak lagi. Plastik biodegradable yang terbuat dari serat alami juga memiliki keunggulan dalam hal kualitas serta tidak meninggalkan residu berbahaya ketika terurai.

Selain bahan alam, bahan sintetis juga dapat digunakan dalam pembuatan plastik biodegradable. Namun, bahan sintetis yang digunakan haruslah mudah terurai, seperti polilaktida (PLA) atau poliester yang dihasilkan dari minyak kelapa. Bahan sintetis yang digunakan memiliki kemampuan terurai yang lebih baik daripada plastik konvensional, sehingga dapat mengurangi masa hancur plastik di lautan atau di tempat pembuangan akhir.

Proses pembuatan plastik biodegradable juga berbeda dengan plastik konvensional. Plastik biodegradable diproduksi dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ramah lingkungan dan sumber energi yang lebih hemat. Selain itu, proses produksi plastik biodegradable juga menghasilkan limbah yang lebih sedikit daripada proses produksi plastik konvensional.

Keuntungan menggunakan plastik biodegradable tidak hanya terletak pada kemampuan mereka yang dapat terurai dengan sendirinya, tetapi juga dalam mengurangi penggunaan sumber daya alam yang berlimpah seperti minyak bumi. Dengan menggunakan bahan-bahan terbarukan, seperti pati atau serat alami, penggunaan plastik biodegradable dapat membantu mengurangi ketergantungan pada minyak bumi yang semakin menipis.

Namun, meskipun plastik biodegradable memiliki keunggulan yang signifikan dalam mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan, masih terdapat beberapa tantangan dalam penggunaannya. Salah satu tantangan itu adalah biaya produksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan plastik konvensional. Hal ini disebabkan oleh bahan yang digunakan dan proses produksi yang lebih rumit. Namun, seiring dengan berkembangnya teknologi dan peningkatan kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan, diharapkan biaya produksi plastik biodegradable dapat ditekan sehingga dapat lebih terjangkau oleh banyak pihak.

Dalam kesimpulan, plastik biodegradable terbuat dari berbagai bahan, seperti pati, serat alami, atau bahan sintetis yang mudah terurai. Mereka memiliki kemampuan untuk terurai sendiri secara alami, mengurangi dampak negatifnya pada lingkungan. Penggunaan plastik biodegradable dapat membantu mengurangi ketergantungan pada minyak bumi serta membantu menjaga kelestarian lingkungan untuk generasi mendatang.