BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

why is it important to use paper bag instead of plastic bag

2023-10-17

Mengapa Penting Menggunakan Tas Kertas daripada Tas Plastik

Tas plastik telah menjadi sumber kontroversi dan keprihatinan di seluruh dunia. Dalam beberapa dekade terakhir, dampak negatifnya terhadap lingkungan dan kesehatan manusia telah semakin terungkap. Sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan, penggunaan tas kertas telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Artikel ini akan menjelaskan mengapa penting untuk menggunakan tas kertas daripada tas plastik dan bagaimana ini dapat memberikan manfaat bagi lingkungan dan kesehatan kita.

Salah satu alasan utama mengapa kita seharusnya menggunakan tas kertas adalah karena pengaruhnya yang lebih sedikit terhadap lingkungan. Tas plastik terbuat dari bahan berbasis minyak bumi yang tidak terbarukan. Proses pembuatan dan pemrosesan tas plastik menghasilkan emisi karbon yang tinggi dan mengkontribusikan pada perubahan iklim. Selain itu, tas plastik seringkali dibuang secara sembarangan dan bermunculan di lautan dan sungai, menyebabkan pencemaran air dan mengancam kehidupan makhluk laut. Tas plastik juga merusak ekosistem darat ketika mereka terbongkar atau terkubur di tanah. Dalam banyak kasus, tas plastik perlu waktu ratusan tahun untuk terurai sehingga akan tetap ada sebagai sampah dalam jangka waktu yang lama.

Di sisi lain, tas kertas terbuat dari bahan alami seperti serat kayu atau daur ulang. Serat kayu dan daur ulang adalah sumber daya yang terbarukan dan dapat diperbaharui melalui praktik keberlanjutan yang baik. Selain itu, proses pembuatan tas kertas menghasilkan emisi karbon yang lebih rendah daripada tas plastik. Dalam beberapa kasus, tas kertas juga dapat didaur ulang kembali menjadi kertas baru. Jika dibuang dengan benar, tas kertas bisa terurai dengan cepat dan tidak akan mencemari lingkungan untuk jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, penggunaan tas kertas memiliki dampak yang lebih kecil terhadap lingkungan dibandingkan dengan tas plastik.

Selain dampak lingkungan, penggunaan tas kertas juga memiliki manfaat kesehatan yang signifikan. Tas plastik sering mengandung bahan kimia berbahaya seperti bisfenol A (BPA) yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk gangguan hormonal, keguguran, dan masalah perkembangan pada anak-anak. Ketika kontak dengan makanan atau minuman, bahan kimia tersebut dapat terlepas dari tas plastik ke dalam makanan kita, menyebabkan paparan jangka panjang. Di sisi lain, tas kertas tidak mengandung bahan kimia berbahaya dan dianggap lebih aman digunakan untuk membawa makanan dan minuman.

Selain itu, penggunaan tas kertas mempromosikan siklus penggunaan yang lebih baik. Tas plastik seringkali hanya digunakan sekali, kemudian dibuang. Dalam beberapa kasus, mereka hanya digunakan selama beberapa menit saat berbelanja di toko. Setelah itu, mereka berakhir sebagai sampah yang menyumbang pada masalah sampah global yang semakin memburuk. Di sisi lain, tas kertas dapat digunakan kembali beberapa kali atau bahkan didaur ulang menjadi kertas baru. Ini membantu mengurangi produksi limbah dan konsumsi sumber daya alam yang berlebihan.

Dalam ringkasan, penting untuk menggunakan tas kertas daripada tas plastik karena dampaknya yang lebih sedikit terhadap lingkungan dan kesehatan kita. Tas kertas terbuat dari bahan alami yang terbarukan dan dapat diperbaharui, dan dapat terurai dengan cepat jika dibuang dengan benar. Penggunaan tas kertas juga mengurangi risiko paparan bahan kimia berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan kita. Selain itu, penggunaan tas kertas juga mendukung siklus penggunaan yang lebih baik daripada tas plastik sekali pakai. Oleh karena itu, kita semua harus beralih ke penggunaan tas kertas sebagai langkah untuk melindungi lingkungan dan kesehatan kita.