BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

why is only my left eye watering

2023-10-17

Mata yang berair adalah kondisi yang umum dialami oleh banyak orang. Namun, ketika hanya satu mata yang berair, seperti pada kasus Anda yang hanya sebelah mata kiri yang berair, itu bisa menjadi sedikit membingungkan. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mata yang berair, dan beberapa di antaranya adalah kondisi medis yang serius. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa alasan mengapa hanya mata kiri Anda yang berair.

Salah satu alasan utama mengapa hanya mata kiri Anda yang berair adalah iritasi. Mata sangat sensitif dan mudah teriritasi oleh faktor eksternal seperti debu, rokok, bahan kimia dalam kosmetik, atau sinar matahari yang sangat cerah. Jika Anda sering berada di lingkungan yang penuh dengan partikel debu atau polutan, mata kiri Anda mungkin lebih cenderung berair karena faktor ini.

Selain itu, peradangan pada kelopak mata bisa menjadi penyebabnya. Peradangan ini bisa disebabkan oleh alergi atau konjungtivitis. Alergi mata adalah reaksi alergi terhadap serbuk sari, debu, tungau, atau bahan kimia yang ada di udara. Biasanya, mata yang memiliki alergi akan menjadi merah, gatal, dan berair. Sementara itu, konjungtivitis adalah infeksi atau peradangan pada selaput lendir yang melapisi bola mata dan kelopak mata. Jika hanya mata kiri Anda yang berair, kemungkinan besar Anda menderita konjungtivitis di mata kiri Anda.

Juga, mata yang berair dapat menjadi gejala dari sindrom mata kering. Meskipun terdengar kontradiktif, sindrom mata kering dapat menyebabkan mata menjadi berair. Hal ini terjadi ketika mata Anda tidak memproduksi cukup air mata untuk menjaga mata tetap lembab. Akibatnya, mata Anda mungkin merasa kering dan merespons dengan memproduksi lebih banyak air mata. Ini dapat terjadi pada salah satu mata atau keduanya.

Selain itu, faktor anatomi juga dapat mempengaruhi mata yang berair. Drainase air mata dapat dipengaruhi oleh saluran air mata yang tersumbat atau sumbatan kelenjar air mata. Jika saluran air mata atau kelenjar air mata Anda terhalang, mata Anda dapat berair. Hal ini sering kali terjadi pada satu mata saja, dan dalam kasus Anda, hanya mata kiri Anda yang berair.

Perlu juga diingat, kadang-kadang kondisi medis yang lebih serius dapat menyebabkan mata yang berair. Misalnya, infeksi pada saluran air mata atau kelopak mata seperti dakriosistitis dapat menyebabkan mata berair. Infeksi ini terjadi ketika saluran air mata yang menghubungkan mata dengan hidung tersumbat atau terinfeksi.

Selain itu, kondisi yang lebih jarang seperti tumor pada mata atau kelopak mata juga dapat menyebabkan mata berair. Ini disebabkan oleh tekanan yang tumor berikan pada sistem drainase mata, sehingga menyebabkan mata terus-menerus berair.

Jadi, ada beberapa alasan mengapa hanya mata kiri Anda yang berair. Beberapa di antaranya adalah iritasi, peradangan, sindrom mata kering, faktor anatomi, atau kondisi medis yang serius. Jika Anda mengalami mata yang berair terus-menerus dan mengganggu, sangat penting untuk mencari saran medis agar dapat menentukan penyebab pasti dan mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Terlepas dari penyebabnya, penting untuk menjaga kebersihan mata dengan mencuci tangan sebelum menyentuh mata, menghindari paparan debu dan bahan kimia yang dapat mengiritasi mata, serta menggunakan obat tetes mata yang direkomendasikan oleh dokter jika memang diperlukan. Jaga kesehatan mata Anda, dan jika gejala berkelanjutan atau memburuk, segera temui dokter.