BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Are compostable bags the same as biodegradable?

2023-09-29

Apakah kantong kompos dapat disamakan dengan yang terurai?

Penggunaan plastik telah menjadi sumber masalah lingkungan yang serius. Plastik sekali pakai, terutama kantong plastik, merupakan salah satu bentuk limbah plastik yang paling umum dijumpai di seluruh dunia. Untuk mengatasi masalah ini, banyak produsen dan konsumen beralih ke penggunaan kantong kompos dan kantong terurai sebagai alternatif yang lebih ramah lingkungan.

Namun, ada kebingungan yang umum terkait apakah kantong kompos dapat disamakan dengan kantong terurai. Meskipun kedua jenis kantong ini tampaknya berfungsi serupa, mereka sebenarnya memiliki perbedaan penting dalam proses degradasi mereka.

Kantong kompos, seperti namanya, dirancang untuk diurai dalam kondisi kompos. Mereka dibuat dari bahan-bahan yang terutama berasal dari tumbuhan seperti pati jagung atau kentang yang dapat diurai oleh mikroorganisme dalam proses kompos. Kantong kompos ini dirancang untuk terurai secara alamiah dalam waktu tertentu dan menghasilkan bahan organik yang berguna.

Sebagai bagian dari proses kompos, suhu yang lebih tinggi dan kelembaban yang tinggi diperlukan untuk mempercepat degradasi kantong kompos. Dalam kondisi ini, mikroorganisme akan memakan bahan-bahan organik kantong dan menghasilkan humus, yang merupakan nutrisi yang sangat berguna untuk tanaman. Kantong kompos dapat terurai sepenuhnya dalam waktu sekitar 3 hingga 6 bulan tergantung pada bahan dan kondisi kompos.

Di sisi lain, kantong terurai atau kantong biodegradable adalah kantong plastik yang dirancang untuk mengalami pembusukan atau degradasi secara alami melalui aktivitas mikroorganisme. Kantong ini dibuat dari plastik yang memiliki sifat biokimia yang memungkinkan mereka terurai melalui proses biodegradasi.

Namun, proses degradasi kantong terurai lebih lambat daripada kantong kompos. Dalam kebanyakan kasus, kantong terurai membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai, kadang-kadang bertahun-tahun, bergantung pada jenis plastik yang digunakan dan kondisi lingkungan. Selama proses degradasi, plastik terurai menjadi partikel-partikel yang lebih kecil namun masih tetap sebagai bahan sintetis yang dapat terbawa oleh angin dan air, mencemari tanah, air tanah, dan bahkan laut.

Karena perbedaan dalam waktu degradasi dan hasil dari kedua kantong ini, kantong kompos dan kantong terurai tidak dapat disamakan. Kantong kompos dapat diurai sepenuhnya menjadi bahan organik yang berguna untuk lingkungan, sementara kantong terurai hanya terurai menjadi partikel-partikel mikroplastik yang mencemari lingkungan.

Selain itu, penting untuk menjaga kondisi yang tepat untuk proses degradasi kantong kompos. Jika kantong kompos yang tidak terurai tercampur dengan sampah lainnya, mereka akan berakhir di tempat pembuangan sampah umum atau pengolahan limbah dan tidak akan mengalami degradasi yang benar. Oleh karena itu, diperlukan pengelolaan limbah yang baik dan pemilahan sampah yang tepat untuk mengoptimalkan manfaat kantong kompos.

Dalam beberapa kasus, produsen dan pemasar mungkin menggunakan istilah "kompos" dan "terurai" secara bergantian, menciptakan kebingungan bagi konsumen. Dalam hal ini, penting bagi konsumen untuk membaca label dengan hati-hati dan mengetahui jenis bahan plastik yang digunakan dalam kantong. Biodegradable atau kompos yang bersertifikat biasanya akan memiliki logo atau label yang jelas yang menandakan bahwa kantong memenuhi standar tertentu.

Dengan semakin meningkatnya kesadaran akan masalah plastik dalam lingkungan kita, penting bagi kita untuk memilih dan menggunakan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Meskipun kantong kompos dan kantong terurai serupa dalam tujuan mereka untuk mengurangi limbah plastik, mereka memiliki perbedaan dalam waktu degradasi dan hasil akhirnya. Dalam hal ini, kantong kompos menjadi pilihan yang lebih baik karena mereka sepenuhnya dapat diurai secara alami dan memberikan nutrisi yang bermanfaat untuk tanah dan tanaman.