BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Are cornstarch bags compostable?

2023-09-29

Pada saat ini, ketika kekhawatiran tentang dampak negatif sampah plastik terhadap lingkungan semakin meningkat, ada pertumbuhan yang signifikan dalam produksi dan penggunaan bahan pengemas ramah lingkungan. Salah satu dari bahan pengemas yang paling populer adalah kantong pati jagung atau lebih dikenal dengan sebutan "cornstarch bags". Banyak perusahaan dan individu yang tertarik dengan bahan ini karena mereka dianggap lebih berkelanjutan dan secara alami terurai dalam kompos. Tetapi pertanyaannya adalah, apakah benar-benar kompos bagi kantong pati jagung?

Secara teknis, kantong pati jagung adalah kompos. Mereka terbuat dari sumber daya terbarukan, yaitu pati jagung. Proses pembuatannya melibatkan pengiriman jagung ke pabrik, penggilingan menjadi bubur, penambahan bahan kimia untuk menghilangkan protein dan lemak, serta pemisahan pati dari bubur tersebut. Pada akhirnya, pati tersebut dilarutkan dalam air, dibentuk menjadi film tipis, dan dikeringkan untuk menghasilkan kantong. Semua langkah ini memastikan bahwa produk akhirnya sepenuhnya terbuat dari bahan-bahan alami.

Karena kantong pati jagung dibuat dari pati, mereka dengan cepat terurai dalam kondisi yang sesuai. Jika kantong ini diabaikan dan dibuang ke tempat pembuangan sampah biasa, mereka akan membusuk dan terurai dalam waktu singkat dibandingkan dengan plastik polietilena biasa. Namun, agar kantong tersebut benar-benar kompos, mereka harus ditempatkan dalam lingkungan yang memungkinkan proses dekomposisi terjadi secara optimal.

Tempat yang ideal untuk membuang kantong pati jagung adalah fasilitas kompos. Di tempat-tempat ini, limbah organik dan bahan lain yang terurai secara alami dikumpulkan dan diproses untuk menghasilkan humus kaya nutrisi. Apakah kantong pati jagung terurai sepenuhnya atau tidak tergantung pada kondisi di lingkungan kompos tersebut. Faktor-faktor seperti suhu, kelembaban, oksigen, dan aktivitas mikroorganisme akan memengaruhi kecepatan dekomposisi kantong.

Pada suhu yang optimal dan dengan kelembaban yang tepat, kantong pati jagung dapat terurai dalam waktu sekitar tiga hingga enam bulan. Namun, kebanyakan fasilitas kompos yang ada saat ini tidak memiliki kondisi yang ideal. Mereka mungkin tidak mencapai suhu yang cukup tinggi atau mungkin tidak memfasilitasi aliran udara yang cukup. Dalam situasi-situasi seperti ini, kantong pati jagung mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terurai atau bahkan mungkin tidak terurai sama sekali.

Selain itu, kompos biasanya tidak menerima semua jenis bahan pengemas yang terbuat dari pati jagung. Beberapa fasilitas kompos mengharuskan penggunaan kantong pati yang telah mendapatkan sertifikasi kompos. Ini berarti bahwa kantong tersebut telah melalui serangkaian tes dan persyaratan tertentu untuk memastikan bahwa mereka benar-benar terbuat dari pati jagung dan dapat terurai dengan baik dalam fasilitas kompos. Menggunakan kantong yang tidak disertifikasi dapat menghambat proses kompos dan melahirkan masalah lain di dalamnya.

Dalam situasi di mana fasilitas kompos tidak tersedia, kantong pati jagung masih bisa lebih berkelanjutan daripada plastik konvensional. Bagaimanapun, mereka terbuat dari sumber daya terbarukan dan memiliki tingkat keberlanjutan yang lebih tinggi daripada plastik polietilena. Jika dibuang dengan benar di tempat pembuangan sampah, kantong pati jagung dapat terurai lebih cepat dan membutuhkan lebih sedikit waktu untuk mengurai.

Namun, penting untuk diingat bahwa hanya karena kantong pati jagung dapat terurai dalam kompos tidak berarti mereka dapat dianggap sebagai solusi akhir untuk masalah plastik. Masalah yang lebih besar terletak pada keberlanjutan dan daur ulang sampah plastik secara keseluruhan. Seiring dengan mengadopsi kantong pati jagung, juga penting untuk berfokus pada pengurangan penggunaan plastik dan mempromosikan alternatif berkelanjutan yang lebih luas.

Dalam kesimpulan, kantong pati jagung adalah kompos jika ditempatkan dalam lingkungan yang memungkinkan dekomposisi terjadi. Mereka terbuat dari bahan alami dan dapat terurai dengan baik dalam fasilitas kompos yang tepat. Namun, pengguna harus memastikan bahwa mereka mematuhi persyaratan dan panduan penggunaan yang relevan agar kantong pati jagung benar-benar dapat berkontribusi pada pengurangan limbah plastik dan pelestarian lingkungan.