BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Biodegradable Plastic Bags with TDPA Additive | Retail Resource

2023-09-30

Dalam era modern ini, perhatian terhadap lingkungan semakin meningkat. Salah satu isu yang sering menjadi perhatian adalah penggunaan plastik sekali pakai, terutama tas plastik. Plastik menjadi masalah lingkungan yang besar karena sulit terurai dan menyumbang besar terhadap polusi plastik di lautan dan daratan.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, muncul alternatif yang lebih ramah lingkungan, yaitu tas plastik yang bisa terurai secara biologis. Salah satu jenis tas plastik yang populer adalah biodegradable plastic bags with TDPA additive.

Apa itu biodegradable plastic bags with TDPA additive? Sebelum kita membahas lebih jauh, perlu dipahami bahwa biodegradable (bisa terurai secara biologis) dan compostable (bisa diolah menjadi kompos) adalah dua hal yang berbeda. Biodegradable berarti bahan tersebut akan terurai secara alami oleh mikroorganisme seperti bakteri atau jamur menjadi bahan yang lebih sederhana seperti air, karbon dioksida, dan biomassa. Compostable berarti bahan tersebut bisa diuraikan secara alami menjadi kompos di sistem pengomposan komersial atau rumah tangga.

Biodegradable plastic bags with TDPA additive adalah tas plastik yang terbuat dari bahan yang dapat terurai secara biologis dengan adanya additive TDPA (Totally Degradable Plastic Additive). TDPA adalah bahan tambahan yang ditambahkan dalam proses pembuatan plastik untuk mempercepat degradasi plastik setelah berakhir dengan siklus penggunaannya.

Bagaimana kinerja biodegradable plastic bags with TDPA additive? Tas plastik ini masih memiliki kekuatan dan kelenturan yang baik saat digunakan, mirip dengan tas plastik konvensional. Namun, yang menjadikannya berbeda adalah kemampuannya untuk terurai secara alami setelah berakhir dengan siklus penggunaannya. Dalam kondisi yang sesuai, tas plastik ini akan terurai dalam waktu yang relatif pendek, sehingga memberikan dampak lingkungan yang lebih baik daripada plastik konvensional.

Selain itu, biodegradable plastic bags with TDPA additive juga memiliki manfaat lain. Mereka dapat meminimalkan risiko kontaminasi mikroplastik yang seringkali terjadi akibat pestisida dan bahan kimia berbahaya lainnya yang menempel pada plastik konvensional. Hal ini membantu menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesehatan manusia.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan biodegradable plastic bags with TDPA additive juga harus bijaksana. Tas plastik ini tidak akan terurai secara efektif jika terjebak di dalam tumpukan sampah yang terisolasi atau bersama dengan plastik konvensional. Oleh karena itu, manajemen limbah yang baik masih menjadi kunci penting dalam memastikan keberhasilan dari penggunaan tas plastik yang bisa terurai ini.

Ketika berbicara tentang biodegradable plastic bags with TDPA additive, penting untuk memastikan bahwa tas tersebut memenuhi standar yang ditetapkan oleh badan pengelola standar biodegradasi dan komposisi. Ini akan memastikan bahwa tas plastik yang digunakan memiliki keberlanjutan lingkungan yang sesuai.

Dalam lingkungan ritel juga menjadi tanggung jawab kita untuk mempromosikan penggunaan tas plastik yang bisa terurai secara biologis. Paparan terhadap konsumen mengenai manfaat tas plastik ini dan bagaimana mereka dapat mengurangi dampak lingkungan adalah langkah penting dalam menuju keberlanjutan lingkungan yang lebih baik.

Sebagai kesimpulan, biodegradable plastic bags with TDPA additive adalah alternatif yang baik untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai yang sulit terurai secara alami. Mereka memungkinkan kita untuk tetap menggunakan tas plastik yang kuat dan tahan lama, sambil juga memastikan bahwa mereka tidak menjadi beban lingkungan dalam jangka waktu yang lama. Namun, penggunaannya harus bijaksana dan perlu dukungan dari semua pihak, termasuk ritel, untuk mencapai tujuan keberlanjutan lingkungan yang lebih baik.