BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

CURBSIDEPick up tomorrow

2023-10-01

CURBSIDE Pick-up: Solusi Belanja Aman di Era Pandemi

Seiring dengan berlangsungnya pandemi COVID-19, kebiasaan dan gaya hidup kita mengalami banyak perubahan. Salah satunya adalah dalam hal berbelanja, dimana kebanyakan orang lebih memilih untuk belanja secara online demi mengurangi risiko penularan virus. Namun, tidak semua kebutuhan dapat dipenuhi melalui belanja online, terutama untuk barang-barang yang harus dilihat atau dicoba terlebih dahulu sebelum membelinya. Oleh karena itu, muncullah konsep curbside pick-up atau pengambilan barang di trotoar sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan ini.

Curbside pick-up adalah metode belanja di mana pelanggan dapat memesan barang secara online dan mengambilnya di toko secara langsung tanpa harus masuk ke dalam toko atau bersentuhan dengan orang lain. Cara ini memungkinkan pelanggan untuk tetap aman dan menjaga jarak fisik dengan orang lain, sambil tetap memperoleh kepuasan dari berbelanja secara langsung.

Tren curbside pick-up ini semakin populer di berbagai negara, terutama selama masa karantina dan pembatasan sosial. Selain untuk belanja barang-barang seperti pakaian, elektronik, atau peralatan rumah tangga, curbside pick-up juga telah diterapkan oleh restoran dan kafe untuk melayani makanan dan minuman kepada pelanggan. Dengan curbside pick-up, pelanggan dapat memesan makanan dengan mudah melalui aplikasi atau website, dan kemudian mengambilnya langsung di tempat parkir atau pintu keluar toko.

Salah satu alasan mengapa curbside pick-up semakin populer adalah karena keamanannya. Karena pelanggan tidak perlu berada di dalam toko atau restoran, risiko penularan virus dapat dikurangi secara signifikan. Selain itu, proses ini juga efisien dan menghemat waktu, baik bagi pelanggan maupun penjual. Pelanggan tidak perlu mengantri di kasir atau menunggu pesanan mereka diproses di dalam toko, sehingga mereka dapat menghemat waktu dengan mengambil barang sesuai dengan jadwal yang mereka tentukan sendiri.

Bagi penjual, curbside pick-up juga memberikan manfaat yang signifikan. Kebanyakan bisnis dapat mengalami penurunan penjualan selama pandemi, tetapi dengan adanya metode ini, mereka dapat terus melayani pelanggan mereka dan mengumpulkan pendapatan meskipun mereka tidak dapat membuka toko secara normal. Curbside pick-up juga dapat memperkuat hubungan antara penjual dan pelanggan, karena pelanggan merasa dihargai dengan kemudahan dan fleksibilitas yang diberikan oleh toko.

Tentu saja, ada tantangan dalam menerapkan curbside pick-up. Salah satunya adalah perlu untuk mengatur sistem yang efisien dan terorganisasi agar tidak terjadi kekacauan di tempat parkir atau lobi toko. Penjual perlu memiliki tim yang terlatih dan terampil untuk mengelola pesanan dan mengatur proses pengambilan barang dengan lancar. Selain itu, penjual juga harus memastikan bahwa barang-barang yang dipesan telah disiapkan dengan baik dan dipenuhi sesuai dengan pesanan pelanggan.

Penjual juga perlu memastikan kebersihan dan keamanan dalam proses curbside pick-up ini. Mereka harus memberikan perhatian khusus pada kebersihan area pengambilan barang dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menjaga kebersihan dan sanitasi. Hal ini dapat mencakup penggunaan masker dan sarung tangan oleh petugas curbside pick-up, serta pembersihan dan penyemprotan desinfektan pada tempat pengambilan barang secara teratur.

Di sisi pelanggan, penting bagi mereka untuk memahami proses curbside pick-up dan menghormati protokol yang ditetapkan. Mereka harus membaca dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh penjual, seperti waktu pengambilan yang telah ditentukan, lokasi pengambilan, dan nomor kontak yang harus dihubungi. Pelanggan juga harus tetap menghormati jarak fisik dengan petugas curbside pick-up dan pelanggan lain yang mungkin berada di tempat yang sama.

Dalam rangka mempromosikan penggunaan curbside pick-up ini, banyak platform e-commerce dan aplikasi belanja online sekarang juga menawarkan fitur curbside pick-up dalam layanannya. Mereka menyediakan opsi pengambilan barang di toko sebagai alternatif pengiriman ke rumah atau pengambilan di kantor pos. Hal ini memberi pelanggan lebih banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan belanja mereka.

Secara keseluruhan, curbside pick-up adalah solusi belanja yang aman dan efisien di era pandemi. Metode ini memungkinkan pelanggan untuk memenuhi kebutuhan belanja mereka, sambil tetap menjaga jarak fisik dan meminimalkan risiko penularan virus. Selain itu, curbside pick-up juga memberikan manfaat bagi penjual, dengan mempertahankan pendapatan dan memperkuat hubungan dengan pelanggan. Dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik dari kedua belah pihak, curbside pick-up dapat menjadi praktek belanja yang tetap populer bahkan setelah pandemi berakhir.