BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Can biodegradable plastic bags can take 3 to 6 months to break down?

2023-10-01

Dalam beberapa dekade terakhir, kita telah menyadari betapa berbahayanya limbah plastik terhadap lingkungan kita. Jutaan ton sampah plastik mencemari lautan, sungai, dan lahan berbekas di seluruh dunia, mengancam kehidupan laut dan berdampak negatif pada keseimbangan ekosistem. Untuk mengatasi masalah ini, banyak negara dan produsen telah berusaha mengembangkan alternatif ramah lingkungan seperti kantong plastik yang dapat terurai secara alami.

Salah satu solusi yang paling populer adalah penggunaan kantong plastik yang dapat terurai atau yang dikenal sebagai biodegradable plastic bags. Kantong plastik terurai sebenarnya terbuat dari bahan plastik seperti polietilena, tetapi mengandung bahan tambahan yang memungkinkan degradasi dan pemecahan yang lebih cepat dibandingkan dengan kantong plastik konvensional.

Salah satu pertanyaan umum yang sering muncul adalah berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh kantong plastik terurai untuk benar-benar terurai di alam. Menurut beberapa penelitian, biodegradable plastic bags yang biasa dapat membutuhkan waktu antara 3 hingga 6 bulan untuk benar-benar terurai. Namun, perlu dicatat bahwa faktor-faktor seperti suhu, kelembaban, dan kondisi lingkungan dapat mempengaruhi kecepatan degradasi.

Salah satu faktor utama yang memengaruhi proses degradasi adalah suhu. Pada suhu lebih rendah, misalnya pada musim dingin di beberapa negara, kantong plastik terurai mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk terurai. Sebaliknya, pada suhu yang lebih tinggi, seperti di daerah tropis, kantong plastik terurai dapat terurai lebih cepat karena akselerasi proses biokimia yang terjadi pada suhu yang tinggi.

Kelembaban dan kondisi lingkungan juga berperan penting dalam proses degradasi kantong plastik terurai. Jika lingkungan terlalu kering, kantong plastik terurai mungkin membutuhkan waktu lebih lama karena kekurangan air dapat menghambat reaksi biokimia yang diperlukan untuk degradasi. Sebaliknya, jika lingkungan terlalu basah, kantong plastik terurai mungkin mengalami degradasi lebih cepat karena lebih banyak air yang memfasilitasi proses kimia.

Selain itu, komposisi dan ketebalan kantong plastik terurai juga dapat berdampak pada waktu degradasi. Ada berbagai jenis biodegradable plastic bags di pasaran, dan masing-masing jenis dapat memiliki waktu degradasi yang berbeda-beda. Beberapa produk menggunakan bahan nabati seperti pati jagung atau singkong yang lebih mudah terurai, sementara yang lain mungkin lebih tahan lama karena bahan dasar yang digunakan.

Meskipun biodegradable plastic bags menawarkan solusi yang lebih baik daripada kantong plastik konvensional, masih penting untuk memastikan bahwa limbah plastik ini disingkirkan dengan benar. Dalam beberapa kasus, biodegradable plastic bags mungkin tidak terurai sepenuhnya jika terjebak di dalam kondisi yang tidak mendukung degradasi seperti di dalam tanah yang tertutup rapat atau di dalam puntung rokok.

Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan alternatif lain seperti kantong kain yang dapat digunakan berulang kali atau pengurangan penggunaan plastik secara umum. Menghindari penggunaan plastik sekali pakai sepenuhnya lebih baik untuk lingkungan kita, meskipun menggunakan biodegradable plastic bags adalah solusi sementara yang lebih baik daripada kantong plastik konvensional.

Dalam kesimpulannya, biodegradable plastic bags dapat membutuhkan waktu antara 3 hingga 6 bulan untuk benar-benar terurai. Namun, waktu degradasi dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti suhu, kelembaban, dan kondisi lingkungan. Sementara biodegradable plastic bags adalah langkah yang lebih baik menuju mengurangi dampak negatif plastik terhadap lingkungan, masih diperlukan perhatian dan tindakan lain untuk mengatasi masalah limbah plastik.