BAYDEE

HOME ABOUT PRODUCTS NEWS CONTACT

Can you home compost compostable bags?

2023-10-01

Apakah Anda dapat mengomposisi Kantong Kompos yang dapat terdegradasi di rumah?

Dalam upaya untuk mengurangi sampah plastik dan mendukung praktik yang lebih berkelanjutan, banyak orang beralih menggunakan kantong kompos yang dapat terdegradasi sebagai alternatif untuk kantong plastik sekali pakai. Namun, pertanyaannya adalah apakah Anda dapat mengomposisi kantong kompos yang dapat terdegradasi di rumah?

Kantong kompos yang dapat terdegradasi, juga dikenal sebagai kantong plastik biodegradable atau kompos (PLA), dibuat dari polimer yang berasal dari sumber alami, seperti tebu atau jagung. Mereka dipromosikan sebagai solusi yang ramah lingkungan karena mereka dianggap dapat terurai dengan sendirinya tanpa meninggalkan residu yang merugikan, seperti mikroplastik.

Namun, dalam konteks pengomposan di rumah, ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika menggunakan kantong kompos yang dapat terdegradasi. Salah satunya adalah suhu pengomposan yang tepat untuk memastikan kantong tersebut benar-benar terurai. Suhu pengomposan yang optimal untuk kantong kompos sekitar 55 hingga 65 derajat Celsius. Jika suhu tidak cukup tinggi, kantong kompos mungkin tidak terurai sepenuhnya dan dapat meninggalkan residu yang tidak diinginkan di dalam kompos.

Selain itu, waktu yang diperlukan untuk mengomposisi kantong kompos yang dapat terdegradasi juga dapat menjadi lebih lama dibandingkan dengan bahan organik lainnya. Beberapa kantong kompos yang terbuat dari PLA dapat membutuhkan waktu hingga dua tahun untuk benar-benar terurai di bawah kondisi pengomposan yang ideal. Oleh karena itu, jika Anda menginginkan hasil pengomposan yang lebih cepat, membuang kantong kompos di fasilitas pengomposan industri mungkin merupakan pilihan yang lebih baik daripada mengomposisinya di rumah.

Selain suhu dan waktu pengomposan yang optimal, kelembaban dan ventilasi juga dapat mempengaruhi kemampuan kantong kompos untuk terurai. Jika kondisi pengomposan di rumah Anda tidak memungkinkan kelembaban dan ventilasi yang baik, kantong kompos mungkin tidak terurai dengan efisien. Oleh karena itu, penting untuk melihat kondisi pengomposan di rumah Anda sebelum memutuskan apakah akan mengomposisi kantong kompos atau membuangnya di tempat pembuangan sampah organik.

Selain itu, penting juga untuk memastikan bahwa kantong kompos yang Anda gunakan memenuhi standar komposabilitas yang diakui secara internasional. Beberapa kantong kompos yang ada di pasaran mungkin terbuat dari campuran bahan yang tidak sepenuhnya dapat terurai di bawah kondisi pengomposan rumah, sehingga menghasilkan efek yang berlawanan dengan yang Anda harapkan. Pastikan untuk memeriksa label produk dan mencari sertifikasi yang mengkonfirmasi bahwa kantong tersebut benar-benar dapat terdegradasi dengan baik di dalam kompos.

Jadi, apakah Anda dapat mengomposisi kantong kompos yang dapat terdegradasi di rumah? Jawabannya adalah, tergantung pada kondisi pengomposan di rumah Anda. Jika Anda memiliki sistem pengomposan yang tepat, termasuk suhu, waktu, kelembaban, dan ventilasi yang sesuai, Anda mungkin berhasil mengomposisi kantong kompos di rumah. Namun, jika Anda tidak yakin dengan kondisi pengomposan Anda, lebih baik mencari fasilitas pengomposan yang lebih besar atau memilih untuk membuang kantong kompos di tempat pembuangan sampah organik yang layak.

Dalam kesimpulan, kantong kompos yang dapat terdegradasi dapat menjadi alternatif yang lebih berkelanjutan untuk kantong plastik sekali pakai. Namun, penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor seperti suhu, waktu, kelembaban, dan ventilasi sebelum memutuskan untuk mengomposisi kantong kompos di rumah. Selalu pastikan untuk memeriksa label dan sertifikasi produk untuk memastikan kantong kompos tersebut memenuhi standar komposabilitas yang diakui internasional. Dengan melakukannya, Anda dapat memastikan bahwa praktik pengomposan Anda tetap berkelanjutan dan ramah lingkungan.